Jumat, 17 Mei 2019

Pertemuan 1: Sejarah Perkembangan Peta


Geospasial Dasar
Kelas C
Kelompok 2, anggota:
-    Vermanda M Sonya                      10070318091
-    Wanda Yolanda                             10070318092
-   Farhan Firmansyah                        10070318093




SEJARAH PERKEMBANGAN PETA



Peta Dunia Di Jaman Peradaban Kuno

Sekitar 2300 tahun SM, Bangsa Babilonia membuat peta dunia untuk pertama kali. Bangsa ini membuat peta dunia dalam bentuk lempengan yang terbuat dari tanah liat. Seni dan ilmu pengetahuan tentang pembuatan peta di jaman ini memang sedang berkembang pesat. Hal itu didorong oleh teori yang dikemukakan oleh salah seorang pemikir Yunani Kuno, Aristoteles, yang mengatakan bahwa bumi itu bulat.

Pemikiran Aristoteles tersebut disetujui oleh banyak ahli dan pemikir lain. Memang saat itu tidak ada yang berhasil membuktikan teori bumi bulat dengan melakukan perjalanan mengelilingi bumi, tetapi sangat sedikit orang Yunani kuno yang meragukan teori tersebut.

Pada tahun 165 SM ilmu pembuatan peta semakin memperlihatkan perkembangan yang mengagumkan. Hal tersebut berkat jasa seorang ahli bernama Ptolemaeous, yang berhasil menciptakan sebuah peta dunia dengan membagi Garis Lintang (Latitude) sekitar 60 derajat Lintang Utara (N) sampai dengan 30 derajat Lintang Selatan (S). Salah satu karya terbesar Ptolemaeous yang disebut Geographike Hyphygesis telah menjadi rujukan ilmu Geografi yang mendunia.

Peta Dunia Di Abad Pertengahan

Abad pertengahan adalah masa dimana doktrin dan ajaran agama telah berkembang dan mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan umat manusia di Eropa. Pada masa ini ilmu pengetahuan dan seni dimanfaatkan untuk kepentingan agama. Ilmu pembuatan peta juga tidak luput dari pengaruh ini, peta buatan Eropa menempatkan Jerusalem di tengah-tengah bagian timur dengan orientasi bagian atas peta.

Pada abad ke 12 Masehi, pemikiran tentang bumi bulat semakin berkembang di seluruh dunia. Berbagai bangsa melakukan perjelajahan keliling dunia dan berhasil membuktikan kebenarannya. Berbagai bangsa yang hidup di wilayah Eropa, Arab, dan Mediterania semakin mengembangkan ilmu pemetaaan dengan membuat peta dunia.

Peta Dunia Di Abad Pertengahan Akhir

Ilmu pemetaan mengalami kejayaan pada abad pertengahan akhir. Menjelang akhir abad ke 15 ini para ilmuwan berhasil menemukan alat pembuatan peta yaitu papan kayu yang sebelumnya sudah diukir gambar peta. Menginjak abad ke-16 pembuatan alat cetak peta mulai banyak menggunakan tembaga. Alat yang terbuat dari tembaga ini menjadi rujukan dasar pembuatan peta sampai akhirnya teknik fotografis dikembangkan. Seorang ahli ilmu pemetaan dunia dari Beligia, Gerardus Marcator, mengembangkan proyeksi silindris untuk membuat peta global dan alat navigasi. Peta dunia pertama yang bekerja dengan proyeksi silindris pertama di dunia itu berhasil dia ciptakan dan diperkenalkan pada tahun 1569.

 
Gambar 1
Peta yang dibuat oleh Gerardus Marcator
Sumber: Artikel 101dunia.com

Peta Dunia Di Era Modern
Peta terus berkembang pada abad 17, 18 dan 19 secara lebih akurat dan nyata dengan menggunakan metode-metode yang ilmiah. Banyak Negara melakukan pemetaan sebagai program nasional. Meskipun demikian, sebagian belahan dunia banyak yang tidak diketahui walaupun menggunakan potret udara dengan melajutkan perjalanan Perang Dunia II. Pemetaan Modern berdasarkan pada kombinasi penginderaan jauh (Remote Sensing) dan pengecekan lapangan (Ground Observation). Geographic Information Systems (GIS) muncul pada periode 1970-80-an. GIS menggeser paradigma pembuatan peta. Pemetaan secara tradisional (Berupa Kertas) menuju pemetaan yang menampilkan gambar dan database secara bersamaan dengan menggunakan Informasi geografi. Pada GIS, database, analisa dan tampilan secara fisik dan konseptual dipisahkan dengan penanganan data geografinya. Sistem Informasi Geografis meliputi perangkat keras computer (Hardware), perangkat lunak (Software), data digital, Pengguna, sistem kerja, dan instansi pengumpul data, menyimpan, menganalisa dan menampilkan informasi georeferensi mengenai bumi (Nyerges 1993).




Daftar Pustaka

Tim Penulis. 2010. Sejarah Peta Dunia Dari Jaman Kuno Hingga Modern. Dalam 101dunia.com. Di akses tanggal 6 Mei 2019 Pukul 11.28 WIB

Darkono. 2008. Sejarah Singkat Peta Dan Pembuatan Peta. Dalam darkono.wordpress.com. Di akses tanggal 6 Mei 2019 pukul 11.20 WIB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar