Selasa, 07 Mei 2019

Pertermuan ke 5 : SISTEM KOORDINAT

   
Oleh : Wanda Yolanda (10070318092)
Kelompok 2 / Kelas C

   Peta adalah gambaran permukaan bumi yang rinci dan ukurannya telah diperkecil pada suatu bidang datar, sebagaimana penampakannya dari atas. Yang berfungsi untuk menujukan lokasi pada pemukaan bumi, menggambarkan luas,pola dan bentuk berbagai gejala alam, menunujukkan ketinggian atau kemiringan pada suatu tempat dll. Peta berbeda dengan gambar, perbedaan peta dan gambar yaitu peta memiliki sistem koordinat sedangkan gambar tidak memiliki sistem koordinat tertentu. Selain itu peta dapat dikatakan lengkap jika memiliki judul, skala, arah mata angin, simbol, legenda, insert , muka peta, tahun peta, grid, dll. Oleh karena itu mempelajari sistem koordinat sangat penting dalam membuat peta atau membaca peta. Jika kita membuat peta tanpa mengetahui sistem koordinat maka tidak ada bedanya dengan gambar. Dalam postingan ini penulis akan membahas mengenai "Sistem Koordinat"
       Sistem Koordinat merupakan sebuah persamaan matematis yang menggambarkan permukaan bumi yang berbentuk bola ke dalam bentuk peta. Sistem koordinat sangat berkaitan erat dengan GIS karena sistem koordinat ini menunjukkan referensi geografis pada data- data GIS. Sistem koordinat adalah hal yang harus ada di dalam peta dan sistem koordinat merupakan pembeda antara peta dan gambar. Ada dua sistem koordinat yaitu : 
1. GCS (Geographic Coordinate System)
2. PCS (Projeted Coordinate System)
          Dalam menentukan titik koordinat, orang sangat dibantu dengan adanya Garis Lintang dan Garis Bujur, dua garis maya yang sangat berperan penting dalam pemetaan.

1. Garis Lintang atau latitude adalah garis maya yang melingkari bumi ditarik dari arah barat hingga ke timur atau sebaliknya , sejajar dengan equator (garis khatulistiwa). Garis lintang terus melingkari bumi, dari equator hingga ke bagian kutub utara dan kutub selatan bumi. Menurut penamaannya, kelompok garis yang berada di sebelah selatan equator disebut Lintang Selatan
2. Garis Bujur atau longitude adalah garis maya yang ditarik dari kutub utara hingga ke kutub selatan atau sebaliknya.
Selain itu juga terdapat garis merdian. Garis meridian adalah garis khayal pada permukaan bumi, tempat kedudukan titik-titik dengan bujur yang sama, menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. Dengan demikian setiap titik di permukaan bumi memiliki meridiannya sendiri-sendiri. Sebuah titik di suatu meridian ditentukan posisinya oleh lintang. Setiap meridian selalu tegak lurus dengan lingkaran lintang. Tiap-tiap meridian memiliki panjang yang sama, yaitu setengah dari lingkaran besar bola bumi.

Garis Meridian 0 derajat juga disebut sebagai garis Meridian Utama. Garis ini saling tegak lurus dengan garis Khatulistiwa (equator) yang membagi bumi menjadi bagian utara dan selatan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar